Organisasi Pelajar Pondok Pelajar Pondok Pesantren Pabelan periode 2019-2020 telah melakukan agenda Preparing Future Leaders atau Persiapan menjadi Pemimpin dimasa yang akan datang dalam rangka Leadership Development Program yang dilakukan di Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan oleh Pondok Pesantren Pabelan dengan mengundang alumni Pondok Pesantren Pabelan sekaligus Konsultan Yayasan Madania International Boarding School, Parung, Bogor, Indonesia yaitu Kak Sadrah Prihatin Rianto pada hari selasa-rabu, 26-27 Februari 2019.

Agenda Preparing Future Leaders kali ini adalah kali ke-2 yang telah diadakan di Pondok pesantren pabelan yang menitik beratkan pada Leading Self-Leading others-Leading Collaboration kepada para Pengurus Organisasi Pondok Pabelan yang terdiri dari santri Putra dan Putri dari Kelas 4&5 KMI (Kulliyatul Mu’allimien Al-Islamiyah). Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan, Kyai Haji Ahmad Najib Amin Hamam pun yayang membuka langsung acara Preparing Future Leaders ini, Beliau mengatakan Pembelajaran untuk kita semua, bahwasannya koordinasi sangat penting sekali. Acara 2 hari kedepan adalah untuk memepersiapkan pemimpin-pemimpin masa depan. Dunia adalah sekolah terbesar, dimanapun adalah sekolah dan semua orang adalah guru. Permasalahan pasti datang. Seperti cobaan kalian masing-masing yang putri dan putra mempunyai permasalahannya masing-masing. Dua orang saja memahami pasti mempunyai pemahaman yang berbeda, apalagi ini ada lebih dari 50 kepala pasti mempunyai pikiran-pikiran yang berbeda-beda pula. Selamat belajar, selamat memahami apa yang akan disampaikan, semoga berguna untuk kita semua.”

 

Kak Sadrah Prihatin Rianto, Mentor yang unik, cantik dan cerdas ini melatih para pengurus Organisasi Pondok Pabelan untuk belajar bagaimana cara nya untuk menghargai dan memahami diri kita masing-masing, kemudian belajar memimpin orang lain dan belajar bagaimana kita bekerjasama dengan orang lain. Antusias para peserta pelatihan terlihat menakjubkan dan semangat mereka pun tak mudah patah, hal itu terlihat dari waktu pelatihan ini mulai dari pagi hingga malam hari serta hasil karya mereka yang terpampang rapi di seluruh ruangan pelatihan, bahkan mereka juga mengerjakan proyek pembersihan lingkungan sekitar pondok yang terlihat begitu kotor. “Seru banget pelatihan ini gak kayak pelatihan leadership yg pernah saya ikuti sebelumnya, karena banyak banget peralatan yang membuat saya aktif dalam pelatihan ini dan juga kak sadrah prihatin yang orangnya gak bikin bosen”, berikut pernyataan yang disampaikan oleh ketua OPP Putra, Imron Khowaiji, Santri kelas 5, asal Wonosobo.

 

Selesai sudah acara Preparing Future Leaders, yang diisi oleh kakak alumni kita Kak Sadrah Prihatin. Suasana acara penutupan berlangsung dengan seru dicampuri rasa haru. Ada beberapa penampilan seperti bernyanyi, membacakan puisi, lagu Kemilau pun ikut meramaikan suasana sore itu. Acara yang dibuka oleh Bpk. KH.Ahmad Najib Amin Hamam, ditutup juga oleh Beliau. Kemudian kak Sadrah pun menyampaikan “Saya pulang setaun dua kali, saya turut menikmati sekolah di Pondok Pesantren Pabelan. Pondok Pabelan, tidak mengkritik tentang fisik kita. Tapi, bila kita tidak berbagi dengan orang lain, baru di kritik. Setiap orang mempunyai pilihannya masing-masing. Pondok Pabelan berdiri di atas semua golongan supaya semuanya adil.” Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Kak Sadrah Prihatin, terutama pelatihan yang beliau berikan mengingatkan kami para kaum muda untuk terus berusaha untuk menjadi Pemimpin Hebat penerus Bangsa. Amin.

 

Cq Dimas Rendi Agung