Taekwondo, adalah salah satu ekstrakulikuler yang banyak diminati oleh santri. Dan kali ini Racata Pabelan mendapatkan kesempatan lagi untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional yaitu TAEKWONDO CHAMPIONSHIP Piala Kemenpora 2019. Acara tersebut  diadakan di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta Timur   (15-16 Maret 2019). Acara yang didukung penuh oleh Kementrian Pemuda dan  Olahraga Republik Indonesia ini, bertujuan untuk memunculkan atlit-atlit muda berprestasi yang kedepannya dapat mewakili NKRI baik tingkat Nasional maupun Internasional.
Ada 21 santri PonPes Pabelan Magelang yang ikut serta memeriahkan perlombaan tersebut. Terdiri dari 6 santri putra, 15 santri putri beserta 2 pendamping.  Perlombaan berlangsung selama 2 hari, ada 2 jenis lomba yaitu Pomsae(teknik) dan kyourugi(tanding). Racata Pabelan mengirim 5 atlit Pomsae dan 16 atlit Kyourugi. Euphoria yang dirasakan setiap kali para atlit  bertanding merupakan moment penting yang tidak akan pernah bisa dilupakan terutama diingatan para peserta. Dilihat oleh sekitar 3000 penonton, semua atlit berusaha keras untuk menunjukkan kebolehannya masing-masing. Alhamdulillah Racata Pabelan berhasil ,mendapatkan 10 medali Emas dan 11 medali Perak. “Anak Pabelan itu hebat-hebat, lawan-lawan kalian itu atlit-atlit yang berlatih minimal seminngu 2 kali, seminggu 3 kali. Sedangkan Pabelan berlatih dengan Pelatih paling sebulan sekali tetapi teknik, fisik dan kemampuan kita bisa seimbang dengan mereka-mereka yang diluar” tutur pelatih Taekwondo Racata Pabelan Master Muchtarom Gary, didalam bis saat perjalanan pulang kembali ke Pondok. Yang lalu diikuti tepuk tangan riuh anak-anak.


Kalah menang adalah hal yang biasa dalam sebuah perlombaan, menjunjung tinggi sportifitas adalah kuncinya. Selalu mengamalkan Fastabiqulkhairat adalah pegangannya. Semoga dengan apa yang telah dicapai Racata Pabelan saat ini bisa terus menjadi pembelajaran dan pengalaman untuk perlombaan kedepannya. Aamiin

 

                                                                                                                                                                Giwang Resmi