Hari ini menjadi hari yang bahagia bagi Keluarga Besar Pondok Pesantren Pabelan. Karena bertambahnya santri sekaligus Keluarga bagi Pondok Pesantren Pabelan tercinta. Ahad,07 juli 2019 M’. Calon santri baru diantar orang tua ataupun wali untuk beberapa agenda hari ini. Pukul 09.00 WIB calon santri dikumpulkan di serambi masjid Pomdok Pabelan untuk mengisi daftar cek masalah atau DCM yang akan menjadi alat bantu bagi tim pengasuhan santri dalam mengenali masalah-masalah khas yang dihadapi oleh santri.

Pada waktu yang sama di gedung Workshop Pondok Pesantren Pabelan diadakan pertemuan wali calon santri baru dengan bapak Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan ( K.H Ahmad Musthofa S.H dan K.H Ahmad Najib Amin Hamam), Direktur KMI(Kulliyatul Mu’allimien Al-Islamiyah), Pengasuhan santri ( Hj. Dra. Nurul Faizah S,Ag) beserta para Guru KMI. Pertemuan ini sekaligus silaturrahmi Wali Calon Santri Baru sebagai awal menjadi bagian dari Keluarga Besar Pondok Pesantren Pabelan untuk beberapa tahun kedepan yang nantinya juga akan mengikuti silaturrahmi rutin setiap tahunnya.

Pada pertemuan ini Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan menjelaskan dengan ringkas sejarah berdirinya Pondok Pesantren Pabelan. Juga membahas Panca Jiwa dan Motto Pondok, beberapa peraturan dan pemberitahuan kepada wali calon santri baru mengenai karantina santri baru selama 30 hari sejak kedatangan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diwakili beberapa wali calon santri. kurang lebih pukul 12.00 WIB acara ditutup dengan do’a bersama dan ishoma