Gerakan Pramuka sebagai wadah untuk membentuk para pemuda Indonesia hidup mandiri, terampil, bermental tinggi dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, selalu berusaha untuk memenuhi tugas luhur tersebut. Maka harus ada peningkatan mutu dengan penyesuaian perkembangan masyarakat dan organisasi Gerakan Kepramukaan. Dalam merealisasikan hal tersebut diperlukan eksistensi pembina sebagai penopang dan pembimbing para peserta didik. Hal ini tidak hanya tanggung jawab Kwartir, namun bagi setiap Pembina Pramuka dan anggota Pramuka untuk mengimbangi tugas Kwartir dan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan meningkatkan kualitas diri baik keterampilan dan pengetahuan.

Salah satu langkah peningkatan kualitas Kepramukaan yaitu dengan mencetak pembina Pramuka Mahir yang bermutu dan dalam hal inilah Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar merupakan solusinya.

Kegiatan pramuka di Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan adalah kegiatan wajib bagi santri, latihan menjadi Pembina Pramuka merupakan sarana pembelajaran dan pendidikan di Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan, maka para santri diharuskan mahir, terampil, disiplin dan profesional. Oleh karena itu, Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD) inshaa Allah diselenggarkan setiap tahun, yang bekerjasama dengan Kwarcab Magelang, yang diikuti oleh kelas 5 Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) setingkat kelas XI Madrasah Aliyah, di tahun ajaran semester pertama akhir.

Acara tersebut, berlangsung mulai tanggal 21 s/d 26 Desember 2018, yang bertepatan dengan hari jum’at-rabu di bulan Desember akhir tahun 2018.Yang bertempat dikompleks Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kursus Mahir Dasar tahun ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari santri Pondok Pesantren Pabelan kelas XI Aliyah berjumlah 50 andika baik putra maupun putri, adapun panitia dari acara ini adalah Majlis Pembimbing Gugus Depan ( Mabigus) Pondok Pesantren Pabelan yang terdiri dari Pimpinan Pondok, Direktur dan wakil Direktur Bidang Aliyah(Kepala MA) sebagai pembimbing. Ustad dan ustadzah (Guru-guru) Pondok Pabelan sebagai Pembina Pramuka dan dibantu Dewan Kerja Ambalan ( DKA) Pramuka Gugus Depan Pondok Pabelan.

Adapun hasil akhir dari pelatihan ini yaitu Meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina yang bermutu, serta memahami, menghayati dan mampu mengamalkan prinsip dasar metode pendidikan kepramukaan dengan menggunakan sistem among kepada peserta didik.Muhammad Hisyam