Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara yang memerlukan konsentrasi tinggi.  Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional. Untuk memenuhi animo masyarakat khususnya dibidang pencak silat maka diadakanlah sebuah event bagi para pesilat yaitu Yogyakarta Championship (YKTC) yang sudah diadakan sebanyak 5 kali.

Peserta berasal dari Perguruan-perguruan Pencak  Silat baik berasal dari Sekolah maupun Perkumpulan atau Perguruan dalam dan luar negeri dengan kondisi fisik dan mental yang sehat dan prima.  Yogyakarta championship 5 telah selesai, berakhir dengan sukses, diikuti 2600 pesilat dari Papua, Merauke, Riau, Medan, Sulsel, Jateng, Jabar, DIY, JATIM, DKI, hingga lebih dari 300 kontingen. Seluruh peserta mendapatkan Medali dan Sertifikat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu Tanggal 12 – 13 Maret 2019 itu bertempat di GOR Sportorium UMY.

Tidak mau ketinggalan, Setelah latihan keras yang mereka jalani para Ksatria dan Srikandi muda dari PP Pabelan ikut andil dalam kegiatan tersebut. Dengan 21 orang yang dikirimkan kategori yang diikuti adalah Kategori Tanding PRA REMAJA/ berjumlah 13 peserta dan REMAJA/SMA  berjumlah 8 peserta. Adapun perolehan penghargaannya sebagai berikut 2 peserta memperoleh medali emas, 1 Medali Perak dan, 18 Medali Perunggu. Muhammad Hisyam