Hari ini bukanlah akhir dari segalanya. Ahad,30 juni 2019 kegiatan tahunan di pondok pesantren pabelan akan segera dimulai. Khutbatul Wada’.ya Khutbatul Wada’ yang di hadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan Bpk.K.H.Ahmad Mustofa S.H,Bpk.K.H. Ahmad Najib Amin Hamam ,Ibu Koordinator Pengasuhan Ibu.Dra.Nurul Faizah ,Dewan guru Kuliyatul Mu’alimien Al Islamiyyah ,Wali santri,dan tak lupa para santri praktek dan santri kelas 6 KMI Pondok Pabelan.

          Pukul 09.00 di Gedung pertemuan Workshop kegiatan ini di mulai. Di buka dengan lantunan ayat suci yang indah dan menyanyikan lagu “oh pondokku” yang berlangsung sangat khidmat,bahkan membuat segenap wali meneteskan air mata .Sungguh sangat menyentuh

          Nasehat dan Wejangan di sampaikan oleh Bpk.K.H. Ahmad Mustofa S.H.Dalam wejanganya beliau berpesan “jika tidak mengabdi tidak apa-apa,jika tidak kuliyah juga tidak apa-apa ,tapi ingatlah untuk terjun ke masyarakat,walau hanya mengajar mengaji”. Begitulah pesan beliau untuk santri praktek dan santri kelas enam KMI Pondok Pesantren Pabelan. Perjalanan 6th/7th bukan perjalanan yang pendek,namun perjalanan masih sangat panjang,masih akamn menemui banyak tantangan. tetapi,mereka yakin dengan bekal yang mereka sudah dapat akan cukup untuk bekal mereka menghadapi dunia luar

          Khutbatul Wada’ juga menjadi moment persiapan bagi mereka. meski kesedihan menyelimuti sesi ruangan, hanya kata percaya yang membuat mereka yakin akan ada waktu untuk kembali mempertemukan mereka lagi.

          satu lagi, kesan yang mereka dapat dari salah satu calon alumni yaitu kak Dimas Rendi Agung “Lulus itu pasti,wada’an itu tradisi,walau satu persatu dari kami akan pergi, namun kenangan kami akan tetap abadi”.

          Do’a para pimpinan dan guru-guru selalu menyertai kalian agar sukses kelak dan berguna bagi Bangsa,Agama,dan Masyarakat. Selamat menempuh dunia baru para pejuang. HA ANNA DA!.