Pabelan, 19 Februari 2019

Serambi Masjid Pondok Pabelan

 

Bedah buku adalah kegiatan yang mendukung minat santri untuk berkembang di bidang literasi, selain bedah buku terdapat pula bedah film yang dikelola oleh para Pustakawann dan Pustakawati Perpustakaan Pondok Pabelan. Tema kali ini diangkat dari Buku yang berjudul “Pondok Pabelan & Mobilitas Kaum Santri”. Dimana buku ini adalah sebuah karya para teman teman alumni dalam rangka mengsyukuri Ulang Tahun Pondok yang ke 50 tahun.

Narasumber Pada Bedah buku kali ini yaitu Bapak Makmun Pitoyo. M.Pd dan Ibu Istiatun M.Si. Keduanya adalah Alumni Pondok Pabelan dan berkontribusi dalam penulisan buku ini, tak lupa sambutan dari Bapak K.H Ahmad Najib Amin Hamam selaku Pimpinan Pimpinan Pondok Pabelan dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Nasiruddin Sebagai Ketua Perpustakaan Pondok Pabelan dan Bapak Ahmad Zabidi Sebagai Moderator. Selain santri-santri  yang mengikuti dan berpartisipasi Guru Guru KMI pun ikut semangat melancarkan Acara tersebut.

Buku ini adalah buku yang berisi tulisan tulisan 33 Alumni diantaranya yaitu Bapak Bahtiar Efendi, Komaruddin Hidayat, Ali Munhanif, Fajar Hidayanto dan Adib Arfan, Imam Munajat, M. Sholahuddin, Ibu Nurul Faizah, Yuniani Chuzaifah dst. Beliau beliaulah yang Sukses dan patut di jadikan contoh bagi generasi milenial santri saat ini. Buku ini membawa kita pada masa dimana Beliau Almarhum K.H Hamam Dja’far Masih memimpin Pondok Pabelan, serta pelajaran dan kata kata beliau yang masih membekas dihati para santri yang kini menjadi “Orang” dan orang orang yang hebat, salah satu kutipan Beliau yaitu:

“ Dua puluh tahun lagi, dua puluh lima tahun lagi, diantara ananda yang ada disini     Akan menjadi Pemimpin Pesantren, Bupati, Anggota DPR, Profesor, Pedagang,   Politikus……….(Khutbah KH Hamam Dja’far 70-80an)”/Pondok Pabelan dan Mobilitas santri hal 140

Bagian dari buku ini dibagi menjadi 2 yaitu bagian pertama diisi dengan mosaik Kiprah Alumni Pondok Pabelan dan bagian kedua disi dengan mosaik pemikiran alumni Pondok Pabelan . Kedua bagian terseut sangatlah menarik untuk kita bedah karena didalammya terdapat banyak cerita unik dan pemikiran pemikiran menarik dari para kakak- kakak alumni yamg bisa kita pelajari dan ambil hikmahnya untuk menjadikan semangat dan dorongan santri untuk kedepannya menjadi jauh lebih baik dan mampu berguna bagi Masyarakat, Nusa, Bangsa, Agama .Amin

 

cq Faisal Berryl Aushof